Pages

Fungsi dan Jenis Penghapus Dalam Menggambar

Masalah penghapus bagi drawing artis itu lumayan lengkap pada zaman ini, setidaknya saat tulisan ini  ada 3 jenis penghapus yang digunakan, tapi hakikatnya semuanya juga penghapus, berfungsi untuk menghapus. Kali ini jadikan persepsi penghapus itu sebagai alat yang akan membuat karya semakin indah, artistik, dan menarik, bukan sebagai alat yang menghapus gambar karena salah terus dan supaya jadi bagus, atau kesel karena gak bisa, garisnya gak lurus-lurus, gambarnya gak cantik aja. Kasian yah penghapusnya jadi seperti tukang hapus kesalahan. What? Tulisan macam apa ini lebeeh pisan hehehe.

Okey kita lanjut. Penghapus dalam menggambar bisa saja untuk membuat efek-efek dramatis, seperti efek cahaya atau hihgtlight, efek bokeh atau gambar blur, gradasi, bayangan. Bisa juga penghapus disini memang bertugas menghapus hal-hal kecil dan detil seperti bayangan rambut yang tipis, bulu mata dll. Berikut 3 jenis penghapus yang biasa beroperasi.


 Penghapus berbahan karet 

penghapus pensil biasa, banyak kita temukan berbagai macam merk tersedia. Menggunakannya dengan cara menggosokan pada tempat yang ingin kita hapus. Jenis penghapus ini pun ada yang lembut ada yang keras, pernah dapat penghapus dari Cina sanghat lembut dan bagus untuk mengahapus, tidak mengotori area gambar setelah menghapus, dengan tumpukan sisa hapusan, tapi gak bisa baca mereknya apa. Perhatikan permukaan kertas area hapusan hat-hati jangan terlalu nafsu menggosok atau marah, jika kertas bolong dan sobek yang nyesel kamu hehehe. Keseringan menghapus pada arean yang sama entah karena salah atau hobi menghapus, bisa membuat permukaan kertas menjadi tidak stabil, lecelek dan kucel, walaupun sudah menggunakan kertas yang tebalnya 300gram.


Penghapus berbahan karet dengan bentuk pensil mekanik

memiliki diameter 2.3mm ukuran paling kecil di dudnia saat ini. Nyaman digunkan untuk membuat efek rambut atau bertugas mengikis detil cahaya pada bola mata. Bagus untuk menghapus bagian kecil dan rumit.


 Gummy eraser atau kneaded

disebut gummy karena mirip permen karet, agak lengket, bisa bentuk menjadi apapun. Karena sifat lengket itu cara menghapusnya berbeda dengan penghapus karet biasa. Cukup kita mentotolkan penghapus pada permukaan yang ingin kita hapus, sifat lengket penghapus akan mengangkat partikel-partikel arang atau grafit yang ada pada permukaan kertas. Membentuk kneaded sesuai dengan keinginan lalu tempelkan pada permukaan kertas yang penuh dengan charcoal, lalu tempelkan, angkat kemudian bentuk lagi, terus ulang-ulang ini akan membuat efek blur atau bokeh yang menarik. 








Ahmad Nurcholis

No comments:

Post a Comment