Pages

Kertas gambar

Jalan yang efektif dalam latihan menggambar gunakan kertas, jangan kotori tembok kecuali sudah dapat izin. Mudahnya kertas gambar atau drawing book atau sketches book ukuran A3 supaya lebih luas, jika sulit anda tau cara yang terbaik, atau bisa ke online shop. Tapi memang jumlah lembar dan ukuran terbatas, ada yg bisa isi ulang dan ada yang tidak. Jangan kaget yah, Beberapa sketches book profesional memiliki harga yang tinggi, tapi jangan risau dengan itu, bisa jadi karya anda memiliki kualitas tinggi.

Pilihan lain dalam kertas adalah membeli sendiri di toko kertas itu cara yang menarik, banyak ukuran, banyak pilihan. Coba beli Concord 220grm tektur bergaris, kertas Tik tekstur kulit jeruk atau diagonal, juga kertas samson warna coklat 300grm ukuran 109cmx97cm. Kertas padalarang biasanya jadi rebutan mahasiswa buat latihan gambar. Bisa dipotong ditempat kalu beli banyak, atau potong di rumah sesuai selera.

Banyak kertas yang diciptakan husus untuk menggambar. Nah ini jenis untuk kaum seniman mapan. Kertas ini paling murah sekitar Rp. 700 ribu satu gulung, ukuran sekitar 1.5x10m . Kelebihannya bisa meladeni acrilik, cat air, graphit, charcoal dll. Tentu kertas seperti ini memang telah teruji oleh para ahli. Mungkin setelah merasa yakin dalam menggamabar, menarik untuk menggunakan kertas khusus ini. Beberapa merek sulit ditemukan di toko, mudahnya kembali ke online shop.

Pada waktunya bisa saja melakukan percobaan dengan kertas apapun. Masaalah kertas ini sebenarnya yang tepenting tebal, kenapa tebal supaya tahan tekan pensil, tidak mudah sobek, termasuk tahan ketika sering dihapus, tidak lecek dan kucel.  Kemudian kertasnya bisa diarsir dengan baik ketika menggunakan pensil. biasanya permukaan kertas agak kasar, tapi bukan kasar tekstur.  Hindari jenis kertas yang permukaannya licin, atau yang sudah dilapis, glossy, seperti kertas art paper dll, itu akan sulit diarsir menggunakan pensil.  sekali lagi jika pusing dan kesulitan mengambil keputusan dengan kertas cari buku gambar saja, santai.

Kreatifitas tidak terbatas pada pilihan kertas putih, coba saja pada kertas-kertas yang memang sudah berwarna. Ada nuansa dan pengalaman batin berbeda, ada tantangan tersendiri ketika berkaya dengan kertas itu. Alat gambarnya tetap pensil hitam tapi ditambah dengan pensil putih. Pensil putih berfungsi untuk mengarsir bagian cahaya. atau suatu waktu karena menggunakan kertas berwarna agak gelap yang diarsir hanya cahaya saja.


Selamat mencoba

Ahmad Nurcholis

No comments:

Post a Comment