Pages

Pensil grafit


Pensil grafit: terbuat dari unsur mineral hasil tambang yang dinamakan grafit. Kita mengenal pensil buat melingkari ujian yang dapat dibaca oleh komputer. Ya itulah pensil grafit dengan kode 2B, tapi banyak yang tidak tahu bahwa pensil itu memiliki banyak saudara, dan memiliki grade/level kehitaman yang berbeda.

Mulai dari warna paling pucat dan keras dengan kode 9H hingga 9B yang memiliki tingkat kehitaman yang sangat pekat, lebih lunak. Berikut kode-kode pensil grafit 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, F, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, 9B. Tidak semua merek pensil memiliki grade hingga 9B, juga masing-masing merek pensil memiliki karakter berbeda.

Sebelum menggunakan satu set pensil grafit sebaiknya menguji dahulu kehebatan pensil, dengan cara membuat chart level dari satu grade pensil menjadi lima kotak, kotak pertama putih dan kotak ke lima paling hitam. Akan terlihat tingkat gradasi kehitaman dan kesaktian pensil. Lakukan cara ini hingga semua kode pensil memiliki tabel tingkat kehitaman masing-masing.

Kemudian dari daftar kode dan tabel itu kita bisa melihat dan membandingkan atau memutuskan, memilih atau malah sebaiknya menekan arsiran pensil supaya lebih pekat. Pada tekanan tertentu pensil 2B akan sama hitamnya dengan pensil 6B, atau pada arsiran yang ditekan pensil 4H akan sama dengan 2B yang arsiran lunak.

Pensil grafit tidah hanya berbalut kayu ada pula murni bubuk grafit yang dipadatkan kemudian dibentuk menjadi seukuran pensil biasa tanpa kayu, dikenal dengan pensil woodless (tanpa kayu). ada pula graphite stick, lebih besar dari pensil diameternya seperti kapur. Sampai ada tulisan belum pernah menggunakan pensil jenis ini, jadi tidak banyak tahu karaktenya.


Kemudian ada pula pensil grafit yang dibuat menjadi ukuran atau berdiameter kecil, seperti pensil mekanik berdiameter 0.3mm hingga 5.6mm ini dinamakan lead pencil, dan cangkang atau bungkusnya lead pencil itu disebut lead holder. Kita lebih sering mengenal pensil mekanik yang bisa diisi ulang. Lead pencil berguna untuk arsiran detil, kecil, halus, jarak pendek. Sementara ini ukuran yang beredar di indonesia masih pada 0.3mm – 2mm. Selebihnya agak sulit dan masih import atau memebeli dari online shop luar negri.

Contoh diagram kehitaman pensil

Ahmad Nurcholis

No comments:

Post a Comment