Pages

Rautan pensil

“Emang pensil jodohnya rautan” Sarto kebingungan mencari sesuatu.

“Wah itu kuno, gak semua pensil butuh rautan contohnya pensil mekanik, hehehe” ujar Aji sambil logout dari medsos.

“ tapi itu loh kalo pensil lead yang ukuran 2mm suka ada rautannya juga” Sarto tetap bertahan pada keyakinannya.

“iyah betul pensil lead berdiameter 2mm hingg 5.6mm itu memiliki rautan, biasanya rautan itu menempel pada tutup atau tempat menekan lead holder. Tapi beberapa rautan ada yang memang terpisah.” Aji nyerocos memberi keterangan yang detil.

Pensil yang tajam akan memeberi kenyamanan ketika mengarsir. Bisa mengukur garis dengan jelas, membedakan garis, memenuhi ruang dengan detil. Pensil mekanik yang memiliki ukuran tipis terkadang  memang lebih asik untuk menggambar, terutama area dan bentuk kecil. Tidak perlu cape meruncingkan pensil, tinggal tekan nongol sendiri. Betapa nikmatnya hidup ini.

Dalam rangka memperuncing  pensil untuk menggambar, maka sebaiknya selalu sediakan rautan yang bagus kualitasnya. Kali ini sudah tersedia rautan elektrik, rautan putar yang menggunakan gagang, pesilnya dijepit. Masih ingat jaman SD? Ada rautan merah warnanya, atau kuning, biru, hijau, dan bentuknya bulat, ada kacanya, apa fungsi kaca pada rautan pensil yang bulat itu? Sepertinya akan banyak jawaban yang aneh. Na pake rautan sisa sekolah SD itu juga boleh. Tapi pertimbangannya adalah pisau tajam dan tidak merusak benda yang diraut.

Disarankan juga memiliki cutter untuk meraut, sebab kadang sulit sekali meraut pensil charcoal berbalut kayu level soft atau dark, sangat lunak sekali, mudah patah. Jika menggunakan rautan, putarlah dengan perlahan, walau sulit menjamin akan runcing dan tajam, maka runcingkanlah dengan pisau cutter secara manual, lebih aman, walau tidak rapih. Salah satu pertimbangan saya memilih pensil charcoal woodless tidak risau menghilangkan kayu pembungkus pensil dan lebih mudah diraut walau level soft, tapi tetep pelan-pelan.

Ada salah satu merek yang memproduksi batang cahrcoal, kira-kita panjangnya 30cm, bentuknya kotak. Asiknya mereka memberi cara meraut stik rasa pensil itu dengan hamplas. Jadi untuk membuat stik itu runcing, tinggal gosok pada ampals lembut. Sangat mudah sekali, sisa gosokannya tetap berguna menjadi bubuk cahrcoal. Produk ini sangant menarik, tapi lagi-lagi harus melalui impor olshop.

Ahmad Nurcholis

No comments:

Post a Comment